Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel harus original berupa hasil penelitian di lapangan maupun hasil pemikiran konseptual, yang berkaitan dengan Ilmu Hukum. Artikel belum pernah diterbitkan pada jurnal dan tidak sedang dalam pertimbangkan untuk diterbitkan pada jurnal lain
  • File yang dikirim merupakan open accses document, disarankan menggunakan format file RTF.
  • Referensi yang digunakan dalam artikel harus dapat ditelusuri, wajib menggunakan aplikasi references manager Zotero atau Mendeley
  • Artikel yang dikirim harus bebas dari Plagiarism dan pelanggaran hak cipta lainnya
  • Agar proses penyuntingan naskah lebih capat dikerjakan, diharapkan naskah yang dikirimkan kepada JHS sudah sesuai dengan Pedoman Penulisan dan Template Naskah

Author Guidelines

Ketentuan Umum

Artikel yang dikirim merupakan karya ilmiah berupa hasil penelitian atau konsep pemikiran di bidang ilmu hukum mencakup Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Agraria, Hukum Adat, Hukum Internasional, Hukum Ketenagakerjaan, dan bidang hukum lainnya. Artikel yang dikirim haruslah original, bukan plagiat dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya atau sedang dipertimbangkan pada jurnal lain, Jurnal Hukum Statuta menggunakan Turnitin untuk melihat similaritas naskah yang penulis kirimkan. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia. Artikel harus ditulis dalam format open file Microsoft Word atau Rich Text Format, jumlah kata dalam naskah sekitar 6000-10000 kata (termasuk catatan kaki dan daftar pustaka), jenis huruf yang digunakan adalah Book Antiqua, margin top 2,54 cm, bottom 2,54 cm, left 2,54 cm, right 2,54 cm, spasi 1,5 (single), rata kanan kiri (justify), ukuran kertas A4. Bagian judul Pendahuluan, Metode Penulisan, Hasil Dan Pembahasan, Penutup, Daftar Pustaka harus ditulis dengan huruf besar diawal Kata/Frase kapital (Capitalize Each Word) dan dicetak tebal (Bold), sub bab harus ditulis dengan huruf kapital diawal kata (Capitalize Each Word) dan dicetak tebal (Bold). Pada setiap awal paragraf artikel harus menjorok ke dalam 1 kali tab.

Struktur Artikel

Bagian Awal terdiri atas Judul dan Identitas Penulis

Judul harus mencerminkan isi tulisan, memuat minimal 2 variabel, jelas, singkat dan terdiri dari 7-14 kata, ditulis dengan style huruf Book Antiqua 14 pts, cetak tebal (bold), spasi 1 (single) rata tengah (center), kapital diawal kata (Capitalize Each Word). Untuk artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia wajib menuliskan judul dalam Bahasa Inggris di bawah judul berbahasa Indonesia. Identitas penulis berisikan Nama lengkap yang ditulis tanpa menggunakan gelar, dicetak tebal (bold), dan huruf kapital diawal kata (Capitalize Each Word). Afiliasi masing-masing penulis harus ditulis lengkap (tidak disingkat), alamat lengkap instansi dan negara asal.  Alamat email harus dituliskan untuk semua penulis naskah, rata tengah (center), ditulis dengan style huruf Book Antiqua 12 pts, urutan alamat email harsus sesuai dengan urutan penulisan nama penulis. Alamat email korespondensi diberi tanda bintang (*).

Abstract/Abstrak

Abstract/Abstrak ditulis dengan style huruf Book Antiqua 10 pts, spasi 1 (single), rata kanan kiri (justify), khusus untuk Abstract (Bahasa Inggris) dicetak miring (italic), panjang abstract 150-250 kata. Artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia wajib menuliskan Abstract dalam bahasa Inggris, dan abstrak dalam Bahasa Indonesia. Abtract/abstrak harus memuat tujuan penulisan, uraian singkat metode penulisan yang digunakan meliputi pendekatan yang digunakan, teknik pengumpulan data, metode analisis data yang digunakan, dan temuan dari hasil penelitian.

Kata Kunci/Keyword

Kata Kunci/Keyword ditulis dengan style huruf Book Antiqua 10 pts, rata kiri (align left), khusus untuk keyword (Bahasa Inggris) dicetak miring (italic). Kata Kunci/Keyword berasal dari kata atau frase yang paling sering digunakan dalam artikel adalah 3 sampai 5 kata atau frase. Kata Kunci/Keyword harus diurutkan sesuai abjad dan dipisahkan menggunakan titik koma (;)

PENDAHULUAN (Book Antiqua, Bold, Rata kiri, UPPERCASE, 12 pts)

Pendahuluan terdiri dari sekitar 500-800 kata, ditulis dengan style huruf Book Antiqua 12 pts, rata kanan kiri (justify), spasi 1,15 lines, berisi latar belakang masalah berisi data, fakta atau isu hukum terkait tema yang ditulis, uraian tulisan-tulisan terdahulu mengenai tema yang ditulis disertai  gap analisis antara tulisan sebelumnya dan tulisan yang dilakukan (state of the art), urgensi tulisan yang memuat pentingnya tulisan ini dilakukan, dan yang terakhir tujuan penulisan dalam bentuk kalimat pernyataan.

METODE PENULISAN (Book Antiqua, Bold, Rata kiri, UPPERCASE, 12 pts)

Metode penulisan terdiri dari sekitar 100-200 kata atau dideskripsikan dalam satu sampai dua paragraf. Metode penulisan ditulis dengan style huruf Book Antiqua 12 pts, rata kanan kiri (justify), spasi 1,15 lines. Adapun isi dari metode penulisan meliputi pendekatan yang digunakan, teknik pengumpulan data, metode analisis data yang digunakan.

HASIL DAN PEMBAHASAN (Book Antiqua, Bold, Rata kiri, UPPERCASE, 12 pts)

Hasil dan pembahasan terdiri dari sekitar 3000-4000 kata, ditulis dengan style huruf Book Antiqua 12 pts, rata kanan kiri (justify), spasi 1,15 lines. Hasil dan pembahasan merupakan bagian terpenting dari artikel berisi deskripsi temuan secara ringkas, jelas dan padat, disertai dengan analisis dari hasil temuan. Hasil dan pembahasan dapat ditulis dalam beberapa bagian/sub bab.

PENUTUP (Book Antiqua, Bold, Rata kiri, UPPERCASE, 12 pts)

Kesimpulan (Book Antiqua, Bold, Rata kiri, 12 pts)

Berisi kesimpulan yang terdiri dari sekitar 150-300 kata, ditulis dengan style huruf Book Antiqua 12 pts, rata kanan kiri (justify), spasi 1,15 lines. Kesimpulan merupakan jawaban atau uraian singkat/extract dari temuan.

Saran (Book Antiqua, Bold, Rata kiri, 12 pts)

Saran terdiri maksimal 200 kata, bersisi rekomendasi bagi instansi atau pihak terkait (jika ada), ditulis dengan style huruf Book Antiqua 12 pts, rata kanan kiri (justify), spasi 1,15 lines.

DAFTAR PUSTAKA (Book Antiqua, Bold, Rata kiri, UPPERCASE, 12 pts)

Daftar pustaka disusun menggunakan Turabian 8th Edition (full note), reference manager Zotero (add blibiography), daftar pustaka minimal memuat 15 referensi yang terdiri dari atikel jurnal/Prossiding (Sertakan DOI jika ada), Sumber Internet, Laporan Tahunan Instansi, Peraturan Perundang-undangan, dan buku terbitan  maksimal 10 tahun terakhir (kecuali dalam kondisi tertentu, memungkinkan menggunakan referensi yang lebih lama). Ditulis dengan style huruf Book Antiqua 12 pts, rata kanan kiri (justify), spasi 1,15 lines.

Penulisan Catatan Kaki (Footnote)

Cara penulisan catatan kaki pada Jurnal Hukum Statuta menggunakan reference manager Zotero (add/edit citation), Turabian 8th Edition (full note). Ditulis dengan style huruf Book Antiqua 10 pts, rata kanan kiri (justify), 1 spasi (single). Untuk penulisan jurnal disertakan DOI-nya.

Ketentuan Penulisan Tabel

Judul tabel ditulis dengan style huruf Book Antiqua 12 pts, rata kanan kiri (justify), spasi 1 (single), cetak tebal (bold). Isi tabel ditulis dengan style huruf Book Antiqua 10 pts, rata kanan kiri (justify), spasi 1 (single). Tabel hanya menggunakan garis horizontal dan tidak boleh menggunakan garis vertikal. Pada bagian bawah tabel harus diberi keterangan sumber, isi dari tabel harus dianalisis.

Ketentuan Gambar

Apabila gambar diperlukan dalam naskah maka gambar harus dapat terbaca/terlihat dengan jelas (300 DPI) dan ukurannya harus proporsional. Di bagian bawah gambar harus diberi keterangan mengenai gambar tersebut, untuk ketentuan penulisan keterangan gambar ditulis dengan style huruf Book Antiqua 12 pts, rata kanan kiri (justify), spasi 1 (single), cetak tebal (bold).

Footer

Indexing By

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain.